Semoga sehat selalu pembaca:)
berikut sy sampaikan sedikit yg saya ketahui tentang pendaftaran ujian Tesis Pascasarjana UNNES.
- Langkah awal adalah finishing bimbingan, baik satu maupun dua, sudah tanda tangan di lembar persetujuan pembimbing ... jangan lupa isi Sitedi min 8x tiap pembimbing, jadi total minimal 16x bimbingan ...
- Persiapkan semua persyaratan ujian, form pendaftaran dapat minta di TU atau dapat juga download di https://must-edy.blogspot.co.id/p/new-halaman-unduh.html
sebaiknya download file formulirnya, ketikan nama & identitas kita kemudian Print, jadi hasil lebih rapi.
- Persyaratan Pendaftaran Ujian diantaranya adalah :
1. Lulus semua mata kuliah (print out rekap nilai dari Sikadu. Unduh di akademik.unnes.ac.id) ingat yang Rekap nilai ya, keseluruhan.
Transkrip Akademik |
2. Lulus ujian komprehensif (print out hasil komprehensif . unduh di pps.unnes.ac.id/unduh-berkas/) nah ini bentuknya biasanya nilai keselaruhan teman se angkatan yang bareng dalam ujian kompre.
Ujian Komprehensif |
3. Lulus ujian proposal tesis (cek di bagian pendaftaran ujian ruang B 202) nah kalaw ini, petugas pendaftaran yang bisa cek, InsyaAllah lulus kok yang seminar proposal.
4. 5 eksemplar tesis yang disetujui oleh pembimbing, terjilid
yang ini sangat perlu diperhatikan, pastikan lembar persetujuan sudah benar kembali unduh https://must-edy.blogspot.co.id/p/new-halaman-unduh.html
Pastikan sdh tanda tangan pembimbing,
Persetujuan Pembimbing |
kemudian surat pernyataan keaslian, lihat di halaman download lagi, print 1, tempel meterai 6.000, tanda tangani mengenai meterai, copy sebanyak naskah, misal 5 jilid.
ini kebanyakan mahasiswa tidak tahu, sehingga waktu daftar harus buat dan nyambung dalam jilidan.
jangan lupa kata pengantar jg di tandatangani.
moto dan persembahan, info dr yg penguji pak Direktur adalah Pasca Sarjana UNNES, bukan nama orang.
Jilid Soft Cover aja, tanpa laminasi agar bisa buat nulis penguji, cover kuning muda ya ...
Naskah Tesis, 5 Jilid Soft Cover, Kuning Muda |
5. 5 eksemplar print out bahan presentasi/powerpoint (untuk waktu presentasi kisaran 15 menit) kalw ini mungkin sdh jelas, kalw sy kmrn satu halaman untuk 2 slide.
nah penting, kalw penelitian menghasilkan produk, produk sebaiknya juga di ikutkan dalam berkas ujian, biasanya di tanyakan penguji.
Produk di lampirkan dalam berkas |
6. Fotocopy sertifikat TOEFL like yang dikeluarkan oleh Pusat Bahasa Unnes yang masih berlaku (skor minimal 477 untuk Prodi Bahasa Inggris 427 untuk Prodi Non Bahasa Inggris) terlegalisasi*
untuk Toefl sering ada yang terkendala skor tidak mencapai, coba tanyakan ke P2B jika ada pelatihan, InsyaAllah akan diberi materi yg sangat penting saat Test Toefl dan semoga hasilnya di atas skor minimal.
sertifikat di copy, kemudian legalisir di lantai 1, Rp. 1.000/ lembar.
Legalisir TOEFL |
7. Fotocopy Sertifikat Workshop Penulisan Artikel Ilmiah yang diselenggarakan Pascasarjana Unnes*
Sertifikat Workshop Penulisan Artikel Ilmiah |
8. Fotocopy Sertifikat Studium Generale yang diselenggarakan Pascasarjana Unnes*
Sertifikat Studium Generale |
9. Fotocopy Sertifikat Seminar Nasional yang diselenggarakan Pascasarjana Unnes*
Seminar Nasional |
10. Fotocopy Sertifikat Seminar Internasional yang diselenggarakan Pascasarjana Unnes*
Sertifikat Seminar Internasional |
11. Fotocopy artikel yang telah diterbitkan dalam jurnal nasional/internasional
12. Surat Pernyataan Penggunaan Referensi dan Sitasi Penulisan Tesis, ini yang masuk di dalam naskah tesis bermetrai.
13. Print out validasi akhir bimbingan tesis dari Sitedi minimal 16 kali bimbingan, berlaku untuk semua angkatan. sebagian belum tahu cara cetak, karena jika print dr web langsung hasilnya tidak nampah seluruhnya. maka saya kemarin copy dr sumber, sampai kolom bimbingan bawah, kemudian paste ke. Ms. Word baru di Print, jadi hasil bimbingan nampak semua.
14. Menyiapkan 1 lembar meterai Rp. 6.000,- (untuk lembar pernyataan keaslian, dibawa saat pelaksanaan ujian) pas ujian akan disampaikan ketua penguji.
15. Keterangan lunas SPP dari bagian keuangan Pascasarjana Unnes (ruang A202)
tahapan ini yang paling akhir setelah semua berkas dicek petugas, akan di staples bersama form di bawa ke bagian keuangan. bagian keuangan akan memvalidasi & memberi bukti lunas SPP.
bagian keungana juga akan menanyakan tentang biaya publikasi jurnal, silahkan dapat di bayarkan juga.
semua info, syarat ujian, pakaian dan jadwal ujian dapat di lihat di https://must-edy.blogspot.co.id/p/new-tesis.html
hal lain tidak masuk dalam formulir adalah :
- membeli map transparan hijau dengan label UNNES, magister. harga saat itu Rp. 25rb, jadi jika 5 map = 125rb. jika ingin hemat bisa pakai map seminar proposal kemarin, ataw pinjam teman yang sudah ujian. karena map akan kembali lagi ke kita,
- snak dan distribusi berkas, nah jika ingin lebih mudah bisa pesan snak di ruang depan pendaftaran, serta distribusi berkas. tapi jika ingin lebih hemat, snak dapat kita persiapkan saat ujian, dan distribusika langsung ke masing- masing dosen penguji.
- agar pelaksanaan ujian lbh mudah, ajaklah teman yang dapat membantu pelaksanaan ujian.
- ingat konsultasikan penguji dan waktu ujian ke Ka Prodi, atau pembimbing
- sebelum pelaksanaan ujian, mahasiswa dapat lebih proaktif dalam konfirmasi panitia ujian, apakah berkas sudah sampai dan beliau penguji dapat hadir.
- jangan lupa memakai jas almamater saat ujian.
- jika memungkinkan mintalah dokumentasi bersama pembimbing dan penguji.
- sebelum ujian cek TV, koneksi Laptop dsb.
- jangan memotong pembicaraan penguji.
- masukan penguji ada yang berupa pertanyaan yang harus kita jawab, ada pula masukan yang cukup kita terima dan perhatikan, tidak semua harus di sanggah.
- selamat berjuang, Semoga Semua Lulus, Aamiin ...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapussangat bermanfaat, terima kasih
BalasHapusBtw kak seminar nasional pasca yg ada pak sby kami belum dapat sertifikat gimana dari kampus masih di bendan katanya di bem, dicari di bem bilange udah pada lulus anak bem.mohon bantuannya.
BalasHapusInfo yang sangat bermanfaat. mksh
BalasHapus