Minggu, 01 November 2020

10 Karakter Pemimpin

 

Seorang pemimpin harus memiliki sikap leadership yang baik. seorang pemimpin dalam sebuah organisasi memiliki peran penting dan sangat menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan. Pemimpin juga harus dapat menjadi contoh yang baik dan menjadi sahabat bagi seluruh anggoanya. Maka pemimpin harus memiliki sikap dan kemampuan khusus untuk menjalankan tugas Anda dengan baik. Berikut adalah beberapa sikap yang harus dimiliki seorang pemimpin atau leader.


 

 

1.        Jujur

Kejujuran adalah sifat yang harus dimiliki dan tidak boleh dilupakan oleh seorang pemimpin. Dengan memiliki sifat ini, karyawan akan lebih percaya dan dapat bekerja dengan tenang dan aman. Setiap perkataan yang keluar dari mulut Anda sudah pasti benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Sifat ini juga yang menjadi kunci penting dalam mengembangkan sebuah bisnis.

 

2.        Komunikasi yang Baik

Sebagai seorang pemimpin, berarti Anda juga harus bisa berkomunikasi dengan baik ke seluruh karyawan hingga ke pihak eksternal perusahaan. Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, karyawan maupun pihak lain akan lebih mudah mengerti apa yang ingin Anda sampaikan dan lakukan. Seorang pemimpin atau leader juga harus memastikan bahwa pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh karyawan maupun pihak eksternal yang berkepentingan. Hal ini juga dapat mengurangi risiko kesalahpahaman atau berbeda pandangan.

 

3.        Bersikap Adil

Dengan bersikap adil berarti Anda tidak boleh membeda-bedakan karyawan satu dan yang lainnya. Hal ini tentu dapat menimbulkan kecemburuan sosial antar karyawan yang bisa menyebabkan kehancuran dalam sebuah tim. Pemimpin yang adil akan lebih tahu pekerjaan apa yang pantas diberikan kepada karyawannya dan berapa gaji yang pantas diberikan kepada karyawan tersebut atas kerja kerasnya. Dengan memiliki sikap ini, karyawan akan lebih menghormati Anda sebagai pemimpin, dan Anda akan lebih disukai oleh karyawan.

 

4.        Bertanggung Jawab

Seorang pemimpin yang baik juga harus memiliki tanggung jawab. Bahkan ketika ada seorang karyawan yang tidak bekerja dengan maksimal, karyawan lain dan pemimpin turut serta ambil bagian untuk mempertanggung jawabkan kesalahannya. Untuk menjadi pemimpin yang baik, Anda harus belajar untuk tidak mencari kambing hitam. Dalam sebuah perusahaan, kesalahan 1 bagian adalah tanggung jawab bersama karena tiap bagian tentunya memiliki hubungan dengan bagian lain. Melempar kesalahan pada karyawan dan tidak mencarikan jalan keluar bukan contoh pemimpin yang baik.

 

5.        Optimis dan Percaya Diri

Kepercayaan terlalu tinggi memang tidak bagus, tetapi tidak memiliki kepercayaan diri juga tidak diperbolehkan.  Sudah menjadi hal yang wajar bahwa seorang pemimpin harus memiliki sikap percaya diri. Sikap percaya diri dapat membantu para karyawan untuk tetap melihat positif ke depan. Dengan sikap percaya diri yang dimiliki seorang pemimpin, akan membuat karyawan tetap yakin bahwa masalah seperti apapun pasti akan ada jalan keluar.

 

6.        Membangun Team Work

Memiliki tim yang baik dan solid bukan hanya membuat karyawan nyaman, tetapi juga dapat membantu Anda mengembangkan bisnis. Oleh karena itu, seorang pemimpin harus bisa membangun tim dengan baik dan solid. Untuk membangun tim yang solid, Anda harus membangun kekompakan dalam sebuah tim. Mulailah dengan mengobrol sesuatu yang menarik misalnya tentang film, musik, keluarga dan lain sebagainya. Anda juga dapat mengajak mereka menonton bersama, makan bersama dan kegiatan lain yang dapat mendekatkan diri Anda dengan mereka.

 

7.        Paham Kondisi

Menjadi seorang leader, berarti Anda harus mengetahui dan memahami kondisi yang terjadi dengan baik, mulai dari konsep, kelebihan dan kekurangan bisnis, hingga kondisi masing-masing karyawan yang Anda miliki. Dengan memahami kondisi, Anda dapat lebih mudah membantu menyelesaikan masalah yang sedang terjadi dan mengetahui apa saja risiko yang bisa diterima perusahaan dengan solusi yang akan Anda berikan. Anda juga tidak bisa memberikan solusi yang sama disetiap permasalahan dan untuk setiap orang. Oleh karena itu, cobalah pahami kondisinya dengan baik sebelum memberikan solusi dari permasalahan tersebut.

 

8.        Manajemen Waktu

Menjadi leader atau pemimpin berarti Anda siap menerima tugas yang lebih besar, bukan hanya melakukan pengecekan atas pekerjaan yang dilakukan karyawan. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengelola waktu sebaik-baiknya untuk diri sendiri maupun bisnisnya. Dengan tidak memiliki manajemen waktu yang baik, mungkin saja seluruh pekerjaan Anda akan berantakan dan seluruh tenggat waktu yang telah ditentukan akan mundur.

 

9.        Kreatif

Tidak semua perusahaan akan berjalan lancar-lancar saja. Sebuah perusahaan dapat saja suatau saat mengalami kebuntuan. Jika kebuntuan ini terus dibiarkan maka dapat menghambat tujuan perusahaan. Peran seorang pemimpin akan kembali diuji untuk memecahkan kebuntuan tersebut dibutuhkan ide kreatif. Seorang pemimpin wajib memiliki kemampuan untuk berpikir dan mengambil keputusan yang tepat dengan cepat. Apabila keputusan yang diambil sudah tepat dan cepat, karyawan pasti akan merasa kagum dengan kepemimpinan Anda. Jika seorang pemimpin tidak memiliki ide kreatif,perusahaan yang dijalankan pasti akan mengalami hambatan.

 

10.    Akrab dengan Anggota

Selipkan sedikit candaan ketika sedang berbicara dengan karyawan untuk menciptakan suasana lebih ringan. Seorang pemimpin yang baik harusnya memiliki selera humor yang bagus. Anda tahu bahwa pekerjaan di kantor menuntut kita untuk selalu fokus dan serius dalam mengerjakan setiap tugas. Akan tetapi, bukan berarti Anda harus menghilangkan selera humor. Pemimpin yang baik tahu kapan harus serius dan kapan untuk mendinginkan kondisi dengan lelucon yang bagus.

 

 

 

Sumber : Jurnal Entrepreneur. 2020. 10 Sikap yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin.

https://www.jurnal.id/id/blog/hal-yang-harus-dimiliki-seorang-pemimpin/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar