Kamis, 12 November 2020

Definisi Pemrograman Komputer

 

Pemograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau ‘pekerjaan’ sesuai dengan keinginan si pemrogram (programmer). Untuk dapat melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan di banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.

Program merupakan sekumpulan instruksi yang diapakai sebagai pegnatur komputer agar dapat menjalankan perintah tertentu. Tanpa adanya program, komputer sebenarnya tidak bisa berbuat apa-apa. Hanya seperti mesin kosong. Program ialah bagian dari beberapa aspek penting dari sebuah komputer.

Program komputer merupakan sekumpulan instruksi yang ditulis untuk melaksanakan fungsi spesifik pada komputer. Komputer pada umumnya memerlukan keberadaan program agar dapat menjalankan fungsinya, umumnya hal ini dilakukan dengan cara mengeksekusi sekumpulan instruksi program tersebut pada prosesor.


 

·         perangkat keras (hardware),

·         perangkat lunak (software) yang dalam hal ini berupa program,

·         perangkat akal (brainware) atau orang yang berperan dalam operasi komputer maupun pengembangan perangkat lunak (operator).

 

Program adalah Kumpulan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut source code yang dibuat oleh programmer (pembuat program)

 

Pemrograman adalah Urutan perintah yang disusun sedemikian rupa, sehingga komputer dapat melaksanakan perintah sesuai dengan keinginan pemakai

 

Program Komputer adalah Susunan Instruksi disebut dengan Perangkat Lunak (Software)  yang harus dikerjakan oleh computer. Perangkat Lunak berbentuk Aljabar Boolean yang direpresentasikan sebagai binari digit bentuk 0 atau 1. Kode kode tersebut digabungkan menjadi instruksi aritmatik, logika, dan instruksi mnemonic Instruksi mnemonic digabung kembali menjadi Bahasa Pemrograman.

Bahasa adalah suatu sistem untuk berkomunikasi. Bahasa tertulis adalah suatu sistem berkomunikasi dengan menggunakan simbol (huruf) untuk membentuk kata. Dalam ilmu komputer, bahasa manusia disebut bahasa alami (natural laguange) dimana komputer tidak bisa memahaminya, sehingga diperlukan suatu bahasa komputer.

Adapun bahasa komputer memiliki level yang berbeda yang terdiri dari:

·         level rendah : level bahasa yang mendekati level bahasa mesin, instruksi yang diberikan akan langsung dipahami oleh komputer. Pada level ini program yang diinstruksikan berupa angka-angka kode heksa atau biner (matematika biner), contoh ; bahasa mesin.

·         level menengah : level bahasa gabungan antara instruksi mesin dengan instruksi yang mulai mendekati bahasa manusia berkomunikasi, contoh; bahasa assembler dan bahasa C.

·         level tinggi : bahasa program yang mendekati instruksi manusia berkomunikasi, contoh: pascal ,delphi , visual basic atau oracle.

 

Sistem Bilangan

Sistem bilangan adalah suatu cara mewakili besaran suatu item fisik. Manusia lebih banyak menggunakan sistem bilangan desimal (10 macam simbol). Komputer memahami elemen dua keadaan (two state element ) yaitu OFF (tidak ada arus) dan ON (ada arus), dikenal dengan sebutan sistem bilangan binari (2 macam simbol) juga menggunakan sistem bilangan oktal dan sistem bilangan heksadesimal .

Bilangan Dasar atau basis (Base atau Radix)

·         Bilangan Desimal: basis 10, tediri atas 10 macam simbol bilangan.

·         Bilangan Binari: basis 2, terdiri atas 2 macam simbol bilangan.

·         Bilangan Oktal: basis 8, terdiri atas 8 macam simbol bilangan .

·         Bilangan Heksadesimal: basis 16, terdiri atas 16 simbol bilangan.

 

 

Sumber :

https://babahdigital.com/blog/apa-itu-pemograman-komputer-dan-fungsinya/

https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-program/

http://tantifitriasridianti.blogspot.com/2015/01/definisi-pemrograman-komputer.html

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar